Minyak mau habis?? Bener ga sih??



Awalnya admin mau bahas tentang Jurusan Teknik Perminyakan. Dan di bagian artikelnya itu ada bahasan tentang “minyak mau habis, bener ga?”. Tapi karena kepanjangan, jadi ini bakalan gua bikin artikel sendiri. Mungkin banyak dari kalian yang mau maasuk Teknik Perminyakan ITB ataupun univ lain ragu karena banyak yang bilang,”Minyak kan mau habis, Harga minyak lagi turun, dll”. Emang bener ya minyak mau habis?



Ada kaitannya ga antara minyak mau habis dengan harga minyak dunia yang turun?


Ini agak sedikit lucu, karena harga minyak dunia yang turun sering dikaitkan sama pernyataan bahwa minyak mau habis. Temen gua sendiri yang pada mau masuk Teknik Perminyakan (selanjutnya bakal gua sebut TM aja, singkatan jurusan ini di ITB) sering dipertanyakan gitu kenapa mau masuk TM. Mereka sering bilang,”Minyak kan mau habis”. Elu yang mau masuk TM pernah dibilang kaya gitu? Hehe

Sebenernya pernyataan ini bisa langsung dibantah pake prinsip supply and demand sederhana yang kita pelajarin bareng-bareng di SMP. Kalau stok cabe dikit (mungkin karena musim banjir, sering gagal panen) tapi permintaan banyak, harga cabe naik. Kalau stok cabe banyak tapi permintaan dikit, harga cabe turun. Ya kan? Makanya cabe-cabean sekarang terlihat murahan, Karena cabe-cabean makin banyak dan permintaan/minat orang sama cabe-cabean turun. Njir ga penting. Nah analogi harga cabe itu juga berlaku di harga minyak.



Kenapa harga minyak dunia turun?


Sekarang harga minyak turun kan? Karena stok minyak sekarang itu justru berlebih. Sekarang lagi heboh tentang teknologi fracking. Yaitu teknologi menginjeksi fluida bertekanan tinggi kedalem sumur, buat maksa gas dan minyak di dalem pori batuan keluar ke permukaan. Singkatnya sih, teknologi ini bisa meningkatkan produksi minyak dan gas, juga bikin banyak cadangan minyak yang tadinya ga ekonomis buat di tambang, jadi ekonomis. Karena teknologi ini Amerika yang tadinya Cuma kroco di bidang oil and gas, sekarang jadi negara dengan produksi minyak terbesar di dunia. Wow

Berkat teknologi fraking ini, Stok minyak dunia jadi berlimpah bahkan melebihi permintaan. Ditambah banyak negara-negara maju yang mulai mengembangkan energi alternative dan terbarukan. Jadi deh harga minyak turun drastis. Harga minyak turun drastis bikin negara-negara penghasil minyak kehilangan banyak pendapatan dong? Terus gimana biar pendapatannya ga turun? Mereka malah nambah produksi minyak yang bikin stok minyak makin banyak aja. Makanya sekarang OPEC mulai membatasi produksi minyak bagi negara-negara anggotanya.



Kenapa minyak ga habis? Kan energi tidak terbarukan, dan diambil terus!


Dosen TM tahun 70an juga pernah bilang kalau cadangan minyak di Indonesia itu ± 9 Milyar barrel. Trus dosen TM taun 90an juga bilang kalau cadangan minyak di Indonesia itu masih ±9 Milyar barrel. Lah kan dari taun 70an sampe taun 90an minyaknya diambil mulu. Terus siapa yang salah? Jawabannya enggak ada. Cadangan minyak bisa berubah seiring ditemukannya cadangan baru. Waktu taun 2012-2014 harga minyak lagi tinggi-tingginya, salahnya itu banyak perusahaan malah asik drilling, bukannya eksplorasi nemuin cadangan baru. Hal ini juga karena Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2010 yang memberatkan kegiatan eksplorasi minyak karena Pajak.

Teman-teman tentu sudah pernah mendengar di SMA bahwa minyak bumi itu terbentuk dari jasad hewan-hewan renik yang terendapkan selama ribuan tahun di bawah permukaan bumi, jadi selama ada mahluk hidup yang mati dan jasadnya terendapkan maka akan terus-menerus terproses oleh mekanisme alam menjadi minyak bumi. Bisa dibilang minyak bumi merupakan energi yang terbarukan (renewable energy), akan tetapi karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama, jadilah ia sering digolongkan energi tak terbarukan (non renewable energy).

Jadi, masih bilang minyak mau habis???



Oke makasih udah baca, artikel selanjutnya mungkin akan membahas kenapa banyak tenaga kerja di bidang perminyakan yang terkena lay-off di Indonesia, sulit mencari pekerjaan di bidang migas di Indonesia, dll. sebelum kita masuk tentang jurusan Teknik Perminyakan dan gimana kuliahnya.

add OA FTTM, ITB, & SBMPTN di sini
atau add di @bvp3622n

6 komentar:

  1. Ka mau tanya, waktu dulu belajar buat sbmptn ke itb sehari berapa jam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Ka mau tanya, waktu dulu belajar buat sbmptn ke itb sehari berapa jam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu belajar ga liat jam, kalau lagi belajar ya belajar terus sampe ketiduran. kalau lg maen atau nonton tv ya nonton tv. cuma pas belajar usahain buang hp jauh-jauh. kalau ngantuk pas belajar gua tidur. ga ngilangin ngantuk dengan cara maen hp.

      Hapus
  3. Gue tunggu posan selanjutnya!

    BalasHapus
  4. wahh keren banget bang artikelnya, nambahin pengetahuan gue hehe

    BalasHapus