ISTIQAMAH DALAM BELAJAR




Tulisan ini dibuat dalam rangka UAS mentoring AEI dan juga sebagai pengingat diri agar penulis terus istiqamah dalam belajar karena banyak kesalahan umum yang dibahas datang dari dalam diri penulis sendiri.

(Jadi di ITB itu matkul wajibnya salah satunya agama. dan lo diwajibkan ngambil matkul agama sesuai agama lo sendiri. Nah di matkul Pendidikan Agama Islam, itu selain belajar di kelas. Juga ada mentoring setiap minggu dan ada nginep satu hari di salman yang isinya full 24 jam pencerahan. Di mentoring ini, kadang ada tugas dan pasti ada uas nya. Nah uas gua ini bikin artikel tentang materi yang udah dikasih sama si mentor yang merupakan mahasiswa juga yang udah ngambil matkul agama duluan sebelum kita. oiya artikel ini dibikin dalam waktu 1 atau 2 jam lupa, karena mepet deadline dan harus segera di upload di line dan dikirim ke grup mentoring)


Sebagai pengantar, gua berasal dari Karawang. Kota dengan kawasan industri terbesar se Asia Tenggara. Banyak banget industri yang membutuhkan tenaga kerja andal. Dan pemerintah mewajibkan industri untuk menyerap minimal 60% tenaga kerja Asli Karawang dibuktikan dengan KTP. Masalahnya, pabrik di karawang itu banyak banget otomatis butuh banyak banget tenaga kerja. Dan industri merasa gabisa dapet tenaga kerja yg andal asli karawang sebanyak itu. Nyatanya, banyak diantara temen gua yang mau tes masuk kerja, tapi ngisi soal psikotes nya itu gapaham (menjumlahkan pecahan, dll). Akhirnya apa? Pihak industri kucing-kucingan ngedatengin tenaga kerja dari luar karawang sampe akhirnya kuota 60% pekerja asli karawang ga terpenuhi. Banyak pendatang dari luar karawang yang bikin orang karawang asli nya justru jadi pengangguran. Demo dimana-mana, ribut di grup lowongan kerja, dll. Alhasil ga ketemu solusi antara pemerintah, industri, dan SDM


Hal diatas sebenernya bisa selesai dengan 1 cara: Pendidikan. Belajar. Lagi jam sekolah ga bolos ga tawuran ga nyimeng. Itu sebenernya solusi biar kita ga kalah bersaing dengan orang lain (selain pihak industrinya juga jangan nepotisme. Cuma nerima kerja pegawai dari daerah asal si pejabat)


Tapi masalahnya, Kita itu mau belajar mager banget. Se game dulu se game dulu akhirnya ga jadi jadi belajarnya. Kenapa sih kita males belajar?


Gua pas sekolah selalu mikir, ngapain dah belajar logaritma matematika susah banget gini. Kerja juga gabakal kepake. Toh bob sadino ga sekolah tinggi tapi sukses. Yaiya bob sadino ga sekolah juga tetep belajar(Ntah dari pengalaman dari manapun). Elu ga bakal sukses kalo setelah ga sekolah, lu Cuma maen PUBG sambil bucin. Semua pelajaran yang lu pelajarin emang ga semua atau sama sekali ga kepake pas lu kerja. Tapi belajar, entah di sekolah atau diluar, bakal ngebentuk pola pikir lu. Bakal beda cara ngomong orang yang berpendidikan sama yang bukan. Apa disekolah diajarin cara ngomong? Engga. Terus kenapa suka ada yang bilang,”omongan lu kaya orang ga pernah makan bangku sekolah” itu karena emang ada korelasi tidak langsung antara pendidikan dengan pola pikir, cara berbicara, dll. Dan itu yang lebih dibutuhkan di industri. Lagian apa salahnya belajar, toh tes masuk kerja juga kepake (contoh kasus di pengantar)


Belajar emang susah, bikin stress, bikin ngantuk, ngebosenin. Bahkan di bidang yang lu suka banget. Gapapa, wajar. Jangan nyerah sebelum belajar, Belajar tapi ga pinter-pinter? Ulang terus. Jangan baru nyoba sekali trus gabisa udah bilang ga pinter-pinter. Gua selalu yakin tiap orang punya kemampuan berbeda dalam menyerap dan mengerti materi. Temen lu yg bilang belum belajar tapi dapet A, Cuma denger di kelas 1 jam udah paham. Mungkin lu butuh 3 jam buat paham. Itu artinya lu Cuma cukup belajar 3x lipat lebih lama dari yang lain. Bukan berarti lu ga pinter-pinter. Jangan nunda-nunda belajar apapun itu, gitar, bola, matematika.


Mending stress sekarang karena belajar daripada stress nanti karena dapet pelajaran menyakitkan karena lu ga belajar sebelumnya.


Maka dari itu disini pentingnya istiqamah dalam belajar. Istiqamah artinya tegak lurus. Konsisten. Gapapa belajar bentar doang tiap hari asal konsisten. Lakuin terus. Mulai aja dulu 5 menit. Baru belajar ngantuk? Tidur aja. Jangan malah ngalihin dengan maen hp dll. Bangun tidur, belajar lagi. Karena waktu paling efektif buat belajar adalah setelah bangun tidur, Kasih target buat belajar, 1 halaman misal. Trus kasih reward buat diri lu sendiri setelah target terpenuhi. “1 halaman beres bener2 paham langsung chat mantan ah” misalnya. Istiqamah lah dalam belajar apapun itu. Belajar trick bola, gitar, dance, belajar bersosialisasi, dll istiqamah itu penting.


Inget, SIAPAPUN PRESIDENNYA GA BAKAL BIKIN LU SUKSES KALO LU GAMAU BELAJAR GAMAU KERJA GAMAU USAHA


#asistensiagamaetikaislam #temanhijrahmu


Sekali lagi tulisan ini untuk mengingatkan saya sendiri, karena sampai saat ini merasa sangat butuh istiqamah dalam belajar. Untuk tulisan seperti,”lu harus belajar...” ditujukan kepada penulis sendiri

1 komentar:

  1. titanium tube - baojititanium.blogspot.com
    titanium tube - 안산 출장마사지 baojititanium.blogspot.com. The design of the 여수 출장샵 game. 여주 출장안마 It is one of the most 삼척 출장마사지 advanced titanium tubing modern slot machines by the time of the

    BalasHapus